//
you're reading...
Sekitar Info Terkini (Newest news)

Memahami Apa Itu Test TOEIC

TOEFL & TOEIC

Apa itu TOEIC? TOEIC adalah singkatan dari Test of English for International Communication. TOEIC digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris penutur non-bahasa Inggris dalam penggunaan bahasa Inggris sehari-hari di lingkungan kerja internasional.

ETS (Educational Testing Service) mengambangkan tes TOEIC untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dalam lingkungan bisnis yang digunakan secara internasional. Figur utama pencetus tes TOEIC ini adalah seseorang berkebangsaan Jepang, Yasuo Kitoka. Pada tahun 1970, Kitoka mengusulkan kepada ETS untuk membuat soal tes berbasis bisnis bagi para pekerja Jepang yang bekerja di perusahaan internasional. ETS mulai mengembangkan tes TOEIC pada tahun 1977 dan tes TOEIC pertama kali dilakukan di Jepang pada tahun 1979.

Bentuk Test

Tesnya menggunakan kertas dan pensil, bentuk soalnya pilihan ganda, yang menggunakan audio, gambar, dan tulisan (bacaan) untuk mengevaluasi kemampuan bahasa peserta.Tes ini berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 200 butir. Jenis TOEIC ini memiliki kisaran skor mulai dari 10-900.

Tes ini terbagi menjadi 2 seksi, seksi 1: listening dan seksi 2: reading.

Seksi 1: Listening

Akan diperdengarkan sejumlah pertanyaan dan percakapan singkat dalam bahasa inggris, dan peserta diminta menjawab berdasarkan informasi yang didengar.

  • Part 1: Gambar (Photographs) terdiri dari 20 soal.
  • Part 2: Pertanyaan – respon (Question and Responses) terdiri dari 30 soal.
  • Part 3: Percakapan ringkas (Short Conversations) terdiri dari 30 soal.
  • Part 4: Dialog singkat (Short Talks) terdiri dari 20 soal.

Seksi 2; Reading

Peserta akan membaca berbagai material dan diminta menjawab pertanyaan berdasarkan  isi bacaan.

  • Part 5: Kalimat tidak sempurna (Incomplet Sentences) teridiri dari 40 soal.
  • Part 6: Mencari kesalahan kalimat (Error Recognitions) terdiri dari 20 soal.
  • Part 7: Membaca (Reading Comprehensions) terdiri dari 40 soal.

Durasi Waktu

Waktu tes adalah 2½ jam, dengan perincian:

  • Seksi 1: 45 menit
  • Seksi 2: 75 menit

Waktu ini mencakup waktu untuk mengisi beberapa form terkait dengan test.

Tempat pendaftaran dan informasi?

PT. International Test Center

Central Business District Office:

Plaza Sentral, 17th Floor, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 47, Jakarta 12930, Indonesia, Phone: +62-21 5711 943, Fax: +62-21 5711 944

Operations Office:

Rukan Mangga Dua Square Blok H28-29, Jalan Gunung Sahari Raya No. 1, Jakarta 14430, Indonesia, Phone : +62-21 6231 0281, Fax : +62-21 6231 0282

Sekarang Anda sudah tahu bukan apa itu TOEIC? TOEIC adalah instrument penilaian bagi Anda yang akan bekerja, namun sayang para pengambil kebiajakan tenaga kerja, masih sering mempersyaratkan sertifikan skor TOEFL untuk penerimaan pegawai baru. Tak ada salahnya Anda memiliki sertifikat kedua test tersebut sehingga Anda mengenala dua bentuk test tersebut.

Baca juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a comment