//
you're reading...
Sekitar Info Terkini (Newest news)

Mengenal dan Mempersiapkan Test TOEFL, PBT & iBT, SAT, IELTS, TOEIC

TOEFL_TOEIC_TopMainContent

Setelah menyelesaikan studi apakah anda akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di luar negeri atau menapak ke dunia kerja? Mengusai bahasa Inggris secara fasih baik tertulis maupun ucapan tidaklah cukup. Dunia kerja dan instutusi pendidikan di luar negeri perlu bukti otentik dalam bentuk test bahasa Inggris standar. Test standar tentu harus dalam bentuk test yang sertifikatnya diterima secara internasional. Jika begitu anda harus mengenal lebih jauh mengenai jenis test seperti TOEFL, PBT & iBT, SAT, IELTS, dan TOEIC. Pertanyaanya adalah apakah jika anda mengikuti  test semacam TOEFL, PBT & iBT, SAT, IELTS, dan TOEIC itu rumit, kompleks dan susah. Sebenarnya tidak ada test yang susah jika kita tahu jenis test dan tentu harus ada persiapan matang sebelum melaksanakan test-test tersebut. Baiklah untuk mengenal apa saja yang diujikan pada test semacam ini mari kita simak apa itu TOEFL PBT & iBT, SAT, IELTS dan TOEIC terlebih dahulu.

  1. TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes yang menilai sejauh mana anda dapat menggunakan dan memahami bahasa Inggris bagi seseorang yang bukan asli pembicara bahasa Inggris (Non-English native speakers). Test ini kerap digunakan di institusi akademis, lingkungan universitas, dan juga dunia kerja. Selanjutnya ada yang mengkatogorikan test ini bersifat akademis karena jenis, sifat dan penggunaannya. TOEFL ini terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yakni :
    • TOEFL PBT (Paper Based Test) adalah tes yang terdiri dari 3 (tiga) sesi  yaitu Listening Comprehension, Structure & Written Expression, dan Reading Comprehension. Listening Comprehension terdiri dari 50 soal (35 menit), Structure & Written Expression 40 soal (25 menit), Reading Comprehension 50 soal (55 menit).
    • TOEFL iBT (internet  Based Test) terdiri dari 4 (empat) sesi  yaitu Speaking, Listening, Reading dan Writing. Tes ini tentu menggunakan media internet yang langsung terhubungkan dengan server pusatnya di New Jersey.
  1. SAT (Scholastic Aptitude Test) adalah tes untuk penerimaan mahasiswa di universitas Amerika Serikat. SAT terdiri dari 3 (tiga) sesi utama yaitu Mathematics, Critical Reading & Writing. Karena test ini diujikan untuk mahasiswa di Amerika maka bahasa pengantar dalam test ini tentu berbahasa Inggris.
  2. IELTS (International English Language Testing System) adalah tes yang biasanya digunakan oleh institusi akademis dan berbagai macam professional organisasi. Sebagian besar tes ini juga dipergunakan di Australia, Inggris, Kanada, Irlandia, Selandia Baru dan beberapa negara Eropa dan Asia.
  3. TOEIC (Test of English for Internasional Communication) adalah tes yang juga menilai sejauh mana anda dapat menggunakan dan memahami bahasa Inggris bagi seseorang yang bukan asli pembicara bahasa Inggris (Non-English native speakers). Bedanya TOEIC didesain untuk mengukur kemampuan komunikasi di lingkungan internasional terutama dalam era dunia kerja global atau dunia bisnis.

Sekarang kamu sudah mengetahui sekilas tentang TOEFL PBT & iBT, SAT, IELTS dan TOEIC. Untuk mendapatkan skor test yang baik dan memuaskan anda tentu harus mempersiapkan lebih jauh. Jika ingin hemat biaya anda bisa mencari dan membeli buku-buku referensi tentang test tersebut yang banyak disediakan di toko-toko buku besar. Anda bisa melihat judulnya dan menyimak halaman didalamnya  apakah buku tersebut  merupakan preparation test ataupun prediction test yang baik. Biasaya dalam buku tersebut akan disetakan CD pembelajaran dan CD test listeningnya.

Cara lain yang lebih efektif adalah anda mencari tempat lembaga bahasa atau kursus bahasa Inggris yang menyediakan program preparation test dan prediction test seperti TOEFL PBT & iBT, SAT, IELTS dan TOEIC. Biasanya program tersebut didesain untuk mempersiapkan test-test tersebut di atas.

Selamat mempersiapkan test bahasa Inggris. Semoga ulasan di atas sedikit membantu anda mengenal dan mempersiapkan test-test TOEFL PBT & iBT, SAT, IELTS dan TOEIC. TOEFL PBT & iBT, SAT, IELTS dan TOEIC.

Baca juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: