//
you're reading...
Cluster Pendidikan (Education)

10 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Wawancara

interview

Lulus dari pendidikan baik itu sekolah kejuruan atau universitas tentu sangat menyenangakan, namun itu baru awal karena anda akan dihadapkan pada tantangan baru selanjutnya yaitu mencari dan mendapatkan pekerjaan. Salah satu fase penting dalam melamar pekerjaan adalah test wawancara atau interview, yaitu suatu test percakapan antara calon karyawan dengan pihak perusahaan dengan tujuan untuk mengenal lebih jauh dari calon karyawan baik itu terutama dari sisi kepribadian.

Sebuah test wawancara sebenarnya gampang-gampang susah, pertama pelamar akan dihadapkan dengan situasi serba salah, dan berbagai tekanan untuk mengenal kepribadian seseorang. Oleh karena itu sebagai anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin, agar bisa memberikan kesan baik dari pewawancara sehingga sedikit banyak juga akan berpengaruh dengan tingkat keberhasilan dalam mencari kerja.

Berikut beberapa hal yang perlu anda simak yaitu poin-poin yang anda dihindari dalam melakukan wawancara pekerjaan.

1. Jangan menceritakan kejelakan institusi lain seperti intitusi pendidikan yang pernah anda tempuh, menjelek-jelekan perusahaan sebelumnya dimana anda dulu pernah bekerja, baik itu atasan maupun rekan kerja lama. Hal ini akan menjatuhkan anda sehingga anda juga akan diberikan pertanyaan yang memojokan.

2. Menunjukan rasa gugup ketika wawancara kerja, hal ini memang sudah biasa pasti semua orang akan mengalaminya, namun anda harus sebisa mungkin untuk menghilangkannya. Untuk itu anda harus persiapkan mental dan berlatih melawan kegugupan.

3. Berbicara dengan jelas dengan kecepatan normal. Jangan bicara terlalu cepat agar pewawancara bisa menangkap dengan baik dari jawaban anda. Juga jangan terlalu pelan sehingga anda dianggap tidak kompeten.

4. Hindari berbicara jika anda seolah-olah sudah menjadi bagian dari perusahaan yang anda lamar, contohnya menyebut kata perusahaan kita, lebih baik menyebut kata perusahaan ini.

5. Hindari berdebat,  karana anda akan dianggap orang yang mudah berpengaruh terhadap karyawan lain, sebagai contohnya anda akan dianggap berpotensi dalam melakukan provokasi untuk melakukan demo apabila ada ketidak puasan terhadap perusahaan.

6. Hindari menuntut gaji beserta tunjangan yang berlebihan. Hal ini memang salah satu hal yang paling membuat pelamar kerja serba salah, sehingga kita harus berhati-hati.

7. Hindari katakan tidak jika anda ditanya jika sewaktu-waktu anda di tugaskan diluar kota sanggupkah anda, jawab saja ya karena semua bisa saja hanya menguji anda dan belum pasti. Tentang benar atau tidaknya bisa dipikirkan belakangan.

8. Hindari utarakan kelemahan anda apabila tidak ditanya, dan jika anda ditanya juga utarakan bagaimanakah anda bisa mengatasi kelemahan anda.

9. Hindari kata kata berlebihan seperti mengajukan pertanyaan yang terlalu banyak tentang apa yang akan diberikan perusahaan kepada anda. Hindari memuji pewawancara yang seakan-akan anda ingin menarik simpatik dari pewawancara dengan cara di luar konteks, seperti pakaian anda sangat bagus, anda adalah orang yang sangat baik, dan lain-lain

10. Hindari tindakan yang tidak baik selama wawancara seperti bersendawa, menguap, tidak mematikan ponsel, dan lain-lain.

Demikian beberapa hal yang harus anda hindari dalam wawancara yang bisa bisa anda simak. Semoga bermanfaat.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: