//
you're reading...
Cluster Kesehatan (Health)

Kalium : Mineral Penting Agar Fungsi Otak dan Syaraf Maksimal

Kalium

Makanan yang kita konsumsi tentu mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh kita. Namun harus anda cermati ada satu mineral penting bagi otak dan juga otot kita yaitu kalium.  Kalium sebenarnya merupakan mineral ketiga yang paling banyak ditemukan di dalam tubuh manusia. Mengapa Kalium penting? Karena mineral ini berperan dalam pencegahan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti, stroke, tekanan darah, rasa cemas dan stres.

Dalam tubuh manusia kalium yang berbentuk elektrolit dan banyak terdapat pada saluran pencernaan berada di dalam sel, sebagian lagi terdapat di luar sel. Mineral ini akan berpindah secara teratur dari dan keluar sel, tergantung kebutuhan tubuh. Kalium atau disebut juga potasium berperan penting bagi sistem saraf dan kontraksi otot. Kalium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom (SSO), yang merupakan pengendali detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lainnya.

Sumber Kalium

Kalium yang sangat penting bagi tubuh dapat anda dapatkan cukup mudah dari makanan sehari-hari. Kalium banyak ditemukan pada jeruk, pisang, kentang, alpukat, bayam, tomat, daging, susu, dan kacang-kacangan. Namun hati-hati dengan makanan kalengan, karena proses pengalengan akan menurunkan kadar kalium dalam makanan.

Berikut beberapa manfaat kalium antara lain :

  1. Mengoptimalkan Fungsi Otak
    Kalium berperan penting dalam menjaga konduktivitas elektrolit di otak yang akan mempengaruhi fungsi otak secara keseluruhan. Baik dalam proses optimalisasi memori ataupun proses belajar. Gangguan otak, seperti epilepsi, diketahui berhubungan dengan kadar kalium di otak.
  2. Mengendalikan Kontraksi Otot dan Syaraf
    Kalium di dalam tubuh manusia biasanya bekerja sama dengan sodium atau natrium (Na) dalam mengatur keseimbangan muatan elektrolit cairan tubuh. Keseimbangan ini dijaga dengan menyesuaikan jumlah asupan kalium dari makanan dan jumlah kalium yang dibuang. Selain mengatur keseimbangan cairan tubuh, kalium juga bekerja bersama natrium untuk sistem saraf yaitu dengan meneruskan pesan ke otak serta mengatur kontraksi otot.
  3. Membantu Penyerapan zat Gizi
    Kalium sangat penting dalam penyerapan nutrisi makanan.  Kalium bertindak sebagai ‘magnet’, sehingga penyerapan sari-sari makanan dan O2 dapat terserap lebih efektif dalam sel. Jika anda memiki program diet anda harus mengkonsusi Kalium secara ideal dalam keseharian.
  4. Mendukung Proses Metabolisme
    Kalium dalam tubuh berperan signifikan dalam proses metabolisme tubuh dengan cara mempercepat oksidasi yang diperlukan tubuh untuk melepas dan membuang lemak dari dalam tubuh. Hasilnya, berat badan ideal bisa dipertahankan dan buang air kecil menjadi lancar.
  5. Mencegah Pengerasan Pembuluh Darah
    Kalium menjaga aliran darah dalam tubuh tetap lancar dengan cara memperlambat proses pengerasan pembuluh darah. Terutama yang mengarah ke organ jantung. Seperti kita ketahui bersama bahwa pengerasan pembuluh darah dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, kalium berperan penting dalam menjaga flesibilitas pembuluh darah.
  6. Membersihkan Pembuluh Darah
    Anda pasti paham dengan kolesterol jahat dalam lemak yang dapat menyumbat pembuluh darah dan menghentikan aliran darah menuju jantung. Kalium merupakan salah satu mineral penting yang dapat mengikis kolesterol dan toksin yang menyumbat pembuluh darah, sehingga darah bisa mengalir dengan lancar.

Demikian beberapa manfaat penting Kalium dalam tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Source : berbagai sumber.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: