//
you're reading...
Cluster Kesehatan (Health)

Tips Penting Dalam Melakukan Medical Check Up

images

Medical Check-up kerap digunakan perusahaan ketika anda ingin melamar sebuah profesi pekerjaan. Beberapa perusahan seperti perusahaan tambang, pengeboran lepas pantai, bekerja sebagai pelaut , baik itu di kapal kargo maupun kapal pesiar serta banyak profesi lain mensyaratkan karyawannya melakukan medical check-up.  Medical check up adalah hasil yang menentukan layak atau tidak anda untuk bekerja dan menjalani profesi yang disyaratkan. Setidaknya sehat jasmani adalah syarat paling utama yang harus anda penuhi.

Jika anda masih awam mengenal dan melakukan Medical Check-up ada baiknya anda simak beberap tips dan penjelasan berikut sebelum anda melakukan Medical Check-up.

Istirahat yang cukup.

Usahakan anda istirahat cukup (6 – 8 jam) sebelum melakukan Medical Check-Up keesokan harinya. Beberapa hari menjelang Check-up anda tentu jangan keseringan begadang.

Makan yang bergizi dan Olahraga

Kesehatan seseorang banyak dipengaruhi baik asupan gizi yang baik maupun olahraga yang teratur. Tidak ada salahnya anda biasakan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat (4 sehat 5 sempurna), cukup minum air putih dalam sehari, dan olahraga yang teratur. Hidup sehat akan sangat berpengaruh kepada hasil medical check-up anda. Maka selanjutnya anda siap untuk melakukan medical check up dan terjun bekerja.

Hindari minuman beralkohol, rokok dan makanan berlemak.

Beberapa kebiasaan merugikan kesehatan tentu harus anda hentikan. Hindari minuman beralkohol, merokok dan makanan yang mengandung lemak tinggi, setidaknya seminggu atau lebih sebelum check-up. Jika perlu anda tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan sehari sebelum dan pada hari dilakukan medical check-Up. Karena kandungan zat-zat di dalamnya bisa mempengaruhi hasil medical check-up anda.

Berpuasa

Anda disyaratkan berpuasa sekitar 10 jam. Kira-kira bisa anda mulai jam 20.00 sampai dengan 08.00 pagi untuk pemeriksaan kimia darah. Pemeriksaan ini untuk mengetahui kadar gula darah, cholesterol, asam urat, fungsi liver, fungsi ginjal, dan sebagainya. Perbanyak minum air putih sehari sebelum medical check up anda.

Bawa hasil test Kesehatan Sebelumnya

Persiapkan hasil test kesehatan anda sebelumnya jika anda memiliki seperti sertifikat kesehatan, roentgen, hasil treadmill, echocardiography dan sebagainya. Beritahukan kepada dokter pemeriksa tentang real kondisi kesehatan, misalkan seperti Penyakit Gula (Diabetes), Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi), Penyakit Jantung, Asma, Reumatik, Epilepsi. Komunikasikan obat-obatan yang biasa anda konsumsi agar dokter mengetahui lebih jelas kondisi kesehatan anda. Jika anda pernah sakit ketika bekerja dan diminta cuti karena faktor kesehatan perlu anda bawa resume medic dari dokter pemeriksa di perusahaan anda.

Demikian beberap tips penting sebelum anda melakukan Medical Check-up. Selamat melakukan medical check-u dan smoga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: