//
you're reading...
Cluster Pendidikan (Education)

Tips Bijak Bagaimana Mendidik Anak Agar Patuh

mendidik anak

Pendidikan adalah sebuah proses yang tidak singkat. Pendidikan bisa didefinisikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar anak atau peserta didi secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Salah satu aspek penting dalam pendidikan juga bagaimana mendidik agar patuh dan berperilaku baik. Anak yang patuh  sebaiknya tidak dibentuk dengan cara kekerasan atau hukuman (punishment). Cara terbaik adalah kepatuhan pada anak lahir dari kesadaran dalam diri anak tersebut. Untuk itu para orang tua semestinya mendidik kepatuhan anak dengan cara yang membuatnya menyadari bahwa kepatuhan adalah nilai positif.

Pada prakteknya mendidik anak agar patuh tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Semua harus melewati proses yang tidak singkat dan instan. Hal ini tentu membutuhkan kesabaran dan usaha ekstra dari tahap yang sederhana menuju tahap yang lebih kompleks sehingga tumbuh kesadaran agar anak patuh pada aspek-aspek kebaikan yang ada di masyarakat.

Berikut ada beberpa tips singkat dan aspek yang perlu diperhatikan untuk melatih dan membuat anak supaya memiliki kesadaran untuk menjadi patuh.

Konsisten
Konsisten merupakan kunci penting dalam mendidik anak menjadi patuh. Untuk itu anda harus konsisten dalam menentukan peraturan. Bila anda melarangnya seorang anak memukul dan mencemooh orang lain, maka pada waktu berikutnya harus tetap dijalankan, karena anak kerap mencari celah untuk bisa melanggar aturan yang dibuat orangtuanya. Mereka akan mempelajari apakah peraturan yang ada konsisten dilaksanakan atau tidak.

Memberikan contoh
Cara yang paling efektif untuk membuat anak patuh lain adalah dengan memberi contoh pada anak apa yang harus mereka perbuat. Jangan sampai mereka justru melihat anda melakukan hal yang anda larang kepada mereka. Contoh simple ketika anda melarang anak menonton TV di saat jam belajar mereka, anda malah asyik menonton TV. Berilah contoh mereka dengan aktifitas yang sejalan separti anda membaca buku, majalah atau koran.

Lamparkan pujian
Pujian adalah reward efektif untuk menguatkan proses belajar. Jangan ragu untuk memuji dan membesarkan hati mereka ketika mereka melakukan hal yang baik. Pujian akan melahirkan penghargaan (self esteem) pada diri anak. Dengan begitu anak akan merasa lebih dihargai atas usaha yang telah mereka lakukan.

Bersikap lembut
Kerap orang tua tidak sabar ketika anak berbuat salah dan anda lampiaskan dengan bentakan dan amarah, apalagi dibarengi dengan pukulan dan tindak kekerasan lain . Pada hakekatnya anak tidak dapat merespon dengan baik bila kita menghadapi mereka dengan bentakan atau amarah. Tegas bukan berarti harus bersikap keras, anda bisa lebih lembut. Cobalah sedikit memahami perasaan mereka dan tekankan bahwa mereka harus bisa mengikuti peraturan dan arahan. Sampaikan dengan lembut dan kata-kata yang baik bahwa peraturan itu penting dan wajib dipatuhi.

Beri Penjelasan dan Diskusikan

Ini yang sering terabaikan. Coba jelaskan dan diskusikan kepada mereka maksud,  tujuan dan manfaat peraturan yang anda tetapkan. Dengan kata lain anda bisa jelaskan apa pentingnya peraturan bagi semua pihak baik anda maupun anak sendiri sehingga mereka mengerti dan menyadari kenapa mereka harus mematuhi peraturan yang telah anda buat.

Demikian sedikit tips bijak yang bisa anda simak bagaimana mendidik anak agar patuh terhadap peraturan. Semoga bermanfaat.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: