//
you're reading...
Sekitar Info Terkini (Newest news)

Memahami Lebih Detail Tes IELTS (Part 2)

student_exam

Setelah anda menyimak tentang tes TOEIC, Marlins Test, dan sekilas tentang tes IELTS mari sedikit kita kuak lebih jauh tentang test IELTS (the International English Language Testing System). Tes IELS juga didesain untuk menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang terutama mereka yang akan belajar atau bekerja negara di mana bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa komunikasi. IELTS juga kerap diperlukan untuk masuk ke universitas di negara seperti Australia, Kanada, Irlandia, Selandia Baru, Inggris dan Amerika Serikat. Sebenarnya tidak hanya universitas yang mengakui test ini namun juga badan-badan profesional, otoritas imigrasi dan instansi pemerintah lainnya. Untuk itu lebih dari 1,4 juta orang per tahun mengikuti tes ini.

Seperti apa tes IELTS itu?
ILETS terdiri dari dua jenis, anda dapat memilih tes Academic atau General Training tes. Tes Kedua jenis ini terdiri dari empat bagian:

  • Listening (Mendengarkan). Dalam sesi Listening ini terdiri dari 4 bagian yang berbeda dan terdiri dari 40 pertanyaan, dengan durasi waktu 30 menit. Anda akan menjawab berbagai jenis pertanyaan, termasuk pilihan ganda, penyelesaian bentuk, penyelesaian catatan, penyelesaian ringkasan, penyelesaian kalimat, dan menjawab singkat pertanyaan. Dalam Listening anda harus konsentrasi karena anda hanya akan mendengarkan audio sekali saja baik berupa percakapan maupun monolog dengan wacana topik dari percakapan sehari-hari maupun situasi sosial lain.
  • Speaking (Berbicara) yaitu tes Speaking berupa tes wawancara. Dalam sesi ini durasi waktu selama 15 menit. Hasil interview akan direkam oleh pewancara tes. Test ini terdiri dari 3 sesi yaitu : Part 1  Introduction and interview (4–5 minutes), Part 2 Individual long turn (3–4 minutes (termasuk 1 minute preparation time), dan Part 3 Two-way discussion. (4–5 minutes).
  • Reading (Membaca). Dalam sesi ini untuk Academic Reading dan General Reading  berbeda. Ada 3 bagian dengan 40 pertanyaan. Durasi waktu selama 60 menit.

Academic Reading
Tiap sesi terdiri dari teks yang cukup panjang berupa teks otentik yang diambil dari buku, jurnal, majalah dan koran bahasa Inggris. Teks bisa berupa teks deskriptif, teks faktual maupun teks non-verbal seperti  diagram, grafik or ilustrasi dsb.

General Reading
Section 1 :  terdiri dari dua atau tiga teks faktual pendek berkaitan dengan misalnya iklan. Topik bisa sekitar kehidupan sehari-hari  lain di negara yang berbahasa Inggris.
Section 2 : terdiri dari dua atau tiga teks faktual pendek berkaitan dengan dunia kerja misalnya  melamar pekerjaan, kebijakan perusahaan, fasilitas kerja, dsb.
Section 3 : terdiri dari satu teks kompleks yang lebih panjang dengan topik masalah yang lebih umum.

  • Writing (Menulis). Dalam sesi ini untuk Academic atau General Training juga berbeda. Tes ini berupa tes menulis potongan tulisan dengan durasi waktu 60 menit.
    Tes writing terdiri dari :

Task 1 : Anda akan disajikan teks grafik, table atau bagan atau diagram (chart or diagram). Anda diminta untuk mendeskripsikan, merangkum dan menjelaskan informasi dengan tulisan anda sendiri. Anda mungkin diminta untuk menjelaskan sebuah data, menjelaskan prosesnya, atau mendeskripsikan suatu objek atau sebuah kejadian.

Task 2 : Anda diminta untuk menulis sebuah essay menurut pandangan, pendapat atau respon dari suatu masalah dan ditulis dalam sebuah tulisan formal.

Tes IELTS diberikan di pusat uji IELTS yang terakreditasi di seluruh dunia. Saat ini terdapat lebih dari 500 Pusat, di lebih dari 120 negara.
Bila anda ingin menempuh tes IELTS biasanya biayanya bervariasi dari satu negara ke negara lain, meskipun begitu anda setidaknya harus membayar sekitar £ 115 GBP, € 190 Euro atau $ 200 USD untuk sekali tes. Jika anda merasa cukup mahal maka anda harus menyiapkan dengan sungguh-sungguh agar hasil maksimal bisa anda peroleh sehingga sertifikat tes berguna dan memiliki nilai ideal untuk bisa digunakan dalam keperluan selanjutnya. Untuk mengetahui lebih jauh anda bisa berkunjung ke web site resmi  : www.ielts.org.

Demikian beberapa penjelasan singkat yang bisa anda simak tentang tes IELTS. Semoga bermanfaat.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: