//
you're reading...
Sekitar Info Terkini (Newest news)

Memahami dan Mepersiapkan Tes IELTS

IELTS

Studi di luar negeri memang menjadi trend yang tidak pernah surut bagi anak-anak maupun orang-orang Indonesia. Tidak hanya kualitas pendidikan dan sarana pendidikan yang baik namun juga pengalaman dan kemapuan komunikasi, khususnya bahasa Inggris bisa terasah lebih baik jika mereka studi di luar negeri. Selain TOEFL beberapa institusi pendidikan di luar negeri kerap menpersyaratkan dengan test ILETS sebagai bukti kemampuan berbahasa Inggris anda layak dan mumpuni. Sebagian besar tes ini sebenarnya dipergunakan di Australia, Inggris, Kanada, Irlandia, Selandia Baru dan beberapa negara Eropa dan Asia.

IELTS sebagai sebuah tes menjadi tolok ukur kemampuan membaca, menulis, mendengar dan berbicara. Selain itu, hasil skor tes ini juga akan menunjukkan kemampuan anda dalam berkomunikasi, baik ketika belajar, bekerja,  maupun hidup di sebuah negara yang berpengantar bahasa Inggris.  Untuk mendapatkan skor IELTS maksimal, ada beberapa hal yang harus dipahami. Hal terpenting adalah pastikan bahwa anda memahami betul bagaimana format tes IELTS. Nah, ada beberapa strategi yang bisa anda simak dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tes IELTS.

Apa itu tes IELTS

IELTS merupakan singkatan dari The International English Language Testing System. IELTS diperkenalkan kali pertama pada tahun 1989 untuk membantu beberapa universitas dalam penilaian kemampuan bahasa Inggris para pendaftar calon mahasiswa yang berkeinginan studi di universitas tersebut. IELTS pun berkembang dengan berbagai tujuan, selain untuk mendaftar ke universitas (academic test), IELST juga digunakan untuk imigrasi dan perusahaan internasional di berbagai negara (general test).

Type tes  IELTS

  • The Academic IELTS, yaitu tes yang ditujukan untuk individu yang merencanakan study dalam bahasa Inggris di universitas (undergraduate & postgraduate) dan tes didesain untuk memahami bahasa akademik yang kompleks.
  • The General Training IELTS, yaitu test yang ditujukan untuk individu yang memerlukan kemampuan berbahasa Inggris level umum untuk sekolah, kuliah, pekerjaan maupun imigrasi. Jadi IELTS General Training lebih fokus ditujukan untuk kemampuan praktik berbahasa Inggris dalam konteks sehari-hari.

Memahami format tes IELTS
Untuk mendapatkan skor tes maksimal anda perlu sekali  memahami format tes. Dengan mempelajari format test anda anda mengetahui karakteristik tes dan memahami apa yang diharapkan dari hasil tes tersebut. Di samping juga akan membuat anda lebih teliti terhadap isi dari setiap bagian atau sesi tes, baik itu mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking). Hal lain adalah anda  akan mengetahui perbedaan dari tipe-tipe pertanyaan yang akan ditanyakan pada setiap bagian.
Format Tes IELST dibagi menjadi 4 bagian, yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking.

  • Listening, selama 30 menit, terdiri dari:
  • Reading, selama 60 menit dan terdiri dari 40 pertanyaan.
  • Writing, selama 60 menit. Terdiri dari 2 pertanyaan yang harus dijawab dalam bentuk essay singkat.
  • Speaking, selama 11 sampai 14 menit.

Persiapan Tes IELTS

Sejauh kita mempersiapkan dengan baik sebenarnya tidak ada tes yang sulit. Agar anda sukses dalam menempuh tes IELTS, anda perlu melakukan sejumlah persiapan agar lebih fokus. Berikut berbagai persiapan yang semestinya anda dilakukan.

Anda bisa membeli buku referensi dan material IELTS test preparation yang banyak dijual di toko buku besar. Kemudian anda coba pelajari sendiri materi, latihan soal dan pembahasannya.
Anda bisa melakukan browsing di internet. Di sana banyak anda dapatkan sumber informasi yang berkaitan dengan tes IELTS salah satunya IELTS oleh British Council, yang bisa anda akses secara gratis. Khususnya jika anda akan mengikuti tes di British Council.
Coba anda latih kemampuan anda dengan baik. Periksa kertas pengujian dan jawaban. Sebaiknya anda senantiasa mencoba melakukan tes dengan waktu yang telah dikondisikan.

Demikian yang bisa anda simak tentang pengenalan IELTS. Semoga bermanfaat.

Source : Penny Cameron, Prepare for IELTS: academic practice, 2005 (University of Technology Sysdney) Gramedia dan berbagai sumber.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: