//
you're reading...
Cluster Pendidikan (Education)

Tips Bijak memilih Sekolah dan Jurusan di SMK

praktek smk

Sekolah menengah pada prinsipnya adalah jenjang pendidikan setelah siswa menyelesaikan sekolah dasar yakni SD dan SMP. Namun masih banyak anak-anak di Indonesia, karena terbentur biaya pendidikan yang kian mahal di pendidikan tinggi,  mereka menyelesaikan studinya hanya sebatas jenjang sekolah menengah atas. Setelah itu mereka tidak melanjutkan studinya ke universitas hingga akhirnya mereka terjun ke dunia kerja. Jika demikian ada baiknya anda memilih SMK dibandingkan SMA. Mengapa demikian? Hal tersebut karean SMA adalah sekolah menengah yang diformatkan untuk jenjang sekolah yang lebih umum sebelum siswa masuk ke sekolah tinggi atau universitas. Sementata di SMK (vocational school) siswa akan lebih fokus untuk mempersiapkan berbagai jurusan agar mereka siap di dunia kerja. Namun perlu diingat bahwa setiap jurusan memiliki materi dan sifat pembelajaran yang berbeda-beda.

Memilih jurusan pendidikan di SMK bukan urusan yang mudah karena banyak faktor yang harus diperhitungkan masak-masak. Memilih secara tergesa-gesa tentu bisa berujung pada akibat yang fatal yang berujung pada kegagalan alias drop out.

Berikut ada beberapa hal yang bisa anda simak untuk pemilihan jurusan jika anda akan menempuh studi di SMK.

Sesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat
Setiap orang tentu memiliki cita-cita pekerjaan yang diidamkan. Maka jika anda berkeinginan masuk SMK lihatlah jurusan apa yang dapat mendukung dan membawa anda menuju profesi atau pekerjaan yang anda inginkan. Misalkan jika anda ingin menjadi ahli pertanian, jangan memilih jurusan teknik bangunan atau farmasi. Demikian juga jika anda berminat dalam hal IT dan komputer tentu jangan memilih jurusan teknik mesin, akuntansi, apalagi tata busana.  Itu tentu anda salah kamar dan salah langkah. Cita-cita saja sebenarnya tidak cukup anda perlu mempertimbangan minat dan bakat untuk mendukung cita-cita anda berhasil. Jika anda tidak menyukai hitung-hitungan janganlah mengambil jurusan akuntansi, anda bisa mengambil jurusan perhotelan, tata busana, adaministrasi perkantoran atau lainnya yang sejenis.

Cari Informasi yang Akurat
Informasi sangat penting untuk menentukan apakah jurusan yang anda idamkan tepat. Carilah informasi sebanyak munkin untuk dijadikan bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Anda bisa menggali informasi dari berbagai sumber seperti guru di sekolah, orang tua, saudara, teman dan tetangga, kakak kelas, internet atau jika perlu konsultan pendidikan.

Yang perlu diingat anda jangan cepat terpengaruh dengan orang lain, khususnya pada orang yang kurang menguasai informasi atau sekedar ikut-ikutan teman. Jika anda masih ragu tidak ada salahnya anda bisa browsing di internet.  Carilah  situs forum bonafide yang dapat dipercaya, anda bisa menyimak dan ikut diskusi tentang informasi memilih jurusan untuk masa depan anda. Semua informasi itu nantinya bisa dijadikan bahan yang bermanfaat untuk membantu memilih jurusan.

Daya Tampung Jurusan
Menempuh SMK di institusi negeri biasanya akan dihadapkan pada daya tampung. Daya tampung jurusan di suatu sekolah akan menentukan anda bisa tidaknya diterima. Karena adanya kuantitas kelas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang, daya tampung perlu dipikirkan masak-masak. Sekolah favorit dan jurusan favorit biasanya akan diperebutkan banyak orang. Namun, jangan sampai faktor tersebut membebani diri anda dengan target untuk bersekolah di tempat tertentu dengan jurusan favorit tertentu tanpa mempertimbangkan faktor kemampuan dan nilai perolehan yang terdapat pada ijazah. Karena banyak sekolah mempertimbangkan nilai ijazah sebagai petimbangan seleksi masuk suatau sekolah.

Masa Depan Karir dan Pekerjaan
Memilih jurusan sekoah sebaiknya tetap melihat peluang kerja setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang anda ambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Namun perlu diketahui juga rekrutmen pekerjaan di suatu perusahaan juga melihat beberapa faktor seperti dalam latar belakang pendidikan, pengalaman  dan kompetensi. Untuk itu anda bisa memilih sekolah yang memilki jejak rekam yang baik dalam membekali siswanya baik itu pendidikan, program magang kerja (pengalaman), dan kompetensi yang didapatkan dari praktek-praktek di laboratoriu.

Lokasi dan Biaya
Tidak ada makan siang gratis. Begitupun juga pendidikan senantiasa membutuhkan biaya. Bagi orang yang memilki ekonomi berkecukupan, biaya pendidikan tidaklah menjadi masalah serius. Bagi masyarakat banyak  memilih lokasi sekolah dan mempertimbankan biaya pendidikan di suatu sekolah harus dipertimbankan masak-masak. Jika sekolah yang anda masuki memiliki jarak yang relatif jauh di luar kota tentu akan berimplikasi pada biaya yang tidak sedikti karena anda harus mengeluarkan banyak biaya. Biaya pendidikan di luar kota bisa meliputi tidak hanya biaya studi dan praktek, namun juga biaya kost, biaya hidup, biaya transportasi dan lain-lain. Namun anda masih punya celah untuk mengatasinya, anda bisa mengusulkan beasiswa di sekolah. Tentu anda harus memiliki kriteria tertentu seperti nilai akademik yang baik, tidak bermasalah di sekolah, atau memilki surat keterangan tidak mampu untuk mengusulkan sebuah keringanan biaya. Hal lain yang bisa ditempuh adalah anda bisa mencati kerja paruh waktu (freelance) untuk mencukupi kebutuhan dana anda.

Demikian beberap hal yang bisa anda simak dan pertimbangkan dalam memilih jurusan dan sekolah. Khusunya bagi anda yang mempertimbangkan masuk sekolah kejuruan yang kini kian menjadi booming di masyarakat.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: