//
you're reading...
Cluster Kesehatan (Health)

Cara Bijak Menangkal dan Mengobati Flu

flu

Mendengar sakit Flu, maka yang ada di benak kita adalah penyakit jamak yang rutin menimpa banyak orang di berbagai belahan dunia atau boleh disebut penyakit sejuta umat? Di musim hujan seperti saat ini, cuaca kerap tidak menentu menjadi faktor dominan penyebab Flu ini. Perlu diketahui Flu disebabkan oleh virus yang  hanya mampir dan bersifat sementara menjangkiti tubuh. Namun jika anda abai menanganinya Flu bisa menjadi bertambah parah dan anda harus konsultasi ke dokter. Bagaimana melawan gejala Flu? Tentu dengan cara meningkatkan sistim kekebalan tubuh seseorang dan virus flu akan hilang dari tubuh anda.

Sekali lagi, jika belum begitu parah, jangan keburu mengkonsumsi obat flu atau ke dokter? Berikut beberapa hal yang perlu anda simak dan perhatikan bagaimana menangkal dan mengobati penyakit Flu.

Cukup istirahat

Jangan jadikan tubuh anda terforsir dan lelah ketika terjangkit Flu. Salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan Flu adalah istirahat tidur. Anda bisa memakai selimut hangat. Biarkan Tubuh anda istirahat sistem imun tubuh bekerja memerangi virus flu. Jika berkeringat tentu pertanda baik, anda akan merasa baikan.

Perbanyak Minum

Minum air putih atau teh hangat akan sangat baik untuk tubuh ketika terserang Flu. Jangan sampai tubuh kekuranan cairan karena anda enggan minum. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh menjadi obat handal melawan Flu. Minuman hangat sangat dianjurkan karena perlahan dapat melegakan hidung tersumbat dan rasa tenang di tubuh.

Hangatkan Tubuh

Menurut medis virus sulit berkembang di udara lembab dan menghindari cuaca yang kering akan mempercepat penyembuhan anda. Mandi air hangat atau sambil uapkan wajah dengan    air panas cukup membantu mengurangi lendir di hidung agar tidak tersumbat. Selain itu tubuh Anda pun menjadi lebih rileks.

Berikut makanan yang sebaiknya anda konsumsi :

Buah atau vitamin C

Buah kaya akan vitamin. Saat sistem imun tubuh dalam kondisi paling lemah, perbanyaklah mengonsumsi buah khususnya yang bervitamin C. Anda bisa makan buah jeruk, lemon pisang, straubery, dan lainnya. Kalo Anda kuat makan cabe ijo, itu juga baik karena banyak kandungan vitamin C nya pada cabe. Jika anda kesulitan mengkonsumsi buah Anda bisa berbagai produk tablet vitamin C yang banyak dijual di pasaran.

Madu

Anda memiliki madu? Madu memang telah lama menjadi obat mujarab di berbagai belahan dunia. Untuk penyakit Flu, madu sangat membantu meringankan iritasi pada tenggorokan dan diyakini mengandung antioksidan dan anti bakterial. Madu juga terbukti meringankan batuk dan membantu tidur pulas pada anak-anak berusia satu tahun ke atas.

Jahe

Jahe dipercaya sejak dulu kala sebagai obat tradisional timur dalam memerangi gejala flu. Anda bisa buat minuman jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu. Ramuan ini sangat baik untuk menangkal dan mengobati flu secara herbal.

Ginseng

Selain madu Anda bisa mengkonsumsi Ginseng yang kerap dijadikan suplemen herbal yang populer, terutama di kawasan Asia Timur seperti China, Korea dan Jepang.  Kandungan dalam ginseng meningkatkan sistem imun tubuh, untuk itu tak salah jika ginseng disebut berkhasiat sebagai obat flu.

Zat Besi

Zat besi merupakan mineral esensial yang dibutuhkan lebih dari 300 enzim yang ada di dalam tubuh. Kenapa zat besi bermanfaat? Zat ini memiliki efek menguatkan sistem imun tubuh. Saat Anda mendapatkan gejala-gejala flu awal, banyaklah Anda mengkonsumsi asupan zat besi. Zat besi dapat Anda temukan pada makanan seperti sayuran, daging, hati, seafood dan telur. Kalau tidak ingin repot, saat ini tersedia juga dalam bentuk pil dan sirup. Anda tinggal membelinya di apotek atau toko obat.

Demikaian beberapa hal dan tips menangkal dan mengobati flu yang kerap menyerang kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: