//
you're reading...
Cluster Pendidikan (Education)

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

images10

Ketika kita melihat seseorang pandai berbahasa Inggris maka yang ada dibenak kita adalah bagaimana sih ia bisa menjadi sedemikian fasih. Sepertinya enak sekali ya bisa ngobrol santai di pantai sama orang asing. Tidak khawatir rasanya jika nanti harus wawancara pekerjaan dan diharuskan menggunakan bahasa Inggris. Dan juga tidak kesulitan jika dosen memberikan tugas dalam buku teks berbahasa Inggris. Dan tentu masih banyak lagi segudang manfaat mengusai bahasa Inggris baik tertulis dan ucapan. Namun kadang orang lupa agar ia fasih dan pandai berbahasa Inggris sebelumnya tentu dilatar belakangi dengan belajar dan usaha yang keras. Berikut bisa anda simak beberapa hal bagaimana belajar bahasa Inggris yang efektif.

Niat dan komitmen total

Ketika kita ingin mengerjakan sesuatu tentu diawali dengan niat. Orang beribadah, seperti shalat, puasa, haji bagi umat muslim tentu diawali dengan niat. Begitupun bagi penganut agama lain beribadah ke gereja, kuil, pura senantiasa mereka awali dengan niat. Untuk bisa belajar bahasa Inggris sangat dibutuhkan niat yang tinggi. Namun niat bisa berhenti di tengah jalan jika tidak dibarengi dengan komitmen. Komitmen akan mensuport anda bahwa bahasa Inggris itu penting dan perlu usaha serius untuk tetap komit mempelajarinya sampai mahir. Dengan demikian anda akan secara total belajar efektif baik secara fisik, secara mental, maupun emosional. Ingatlah bahwa belajar bahasa adalah proses yang bertahap, bukan proses yang terjadi dalam semalam.

Tentukan tujuan belajar

Kesalahan yang umum terjadi adalah anda tidak menentukan tujuan belajarnya ketika ingin mempelajari bahasa Inggris. Ujungnya pasti kegagalan. Jika anda ingin bekerja anda mestinya belajar percakapan atau English for convesation. Bukan sibuk mempelajari grammar. Jika ingin meningkatkan nilai TOEFL, TOEIC, GMAT dan test bahasa Inggris, maka anda harus mempelajari persiapan test tersebut.  Jadi apa yang ingin anda pelajari dan mengapa anda perlu mempelajarinya?

Menjadikan bahasa Inggris sebuah habit

Jadikan belajar bahasa Inggris sebagai kebiasaan. Biasakan belajar hal baru setiap hari. Lebih baik belajar sedikit demi sedikit secara kontinyu, daripada belajar keras dua jam seminggu. Anda bisa membaca teks berbahasa Inggris, baik itu koran, majalah, atau teks apapun, atau menonton film atau menyimak berita berbahasa Inggris. Lakukan ini setiap hari atau sesering mungkin. Lakukan proses belajar itu secara konstan. Jika Anda belajar bahasa Inggris selama 10 menit setiap hari, bahasa Inggris akan memenuhi memori otak Anda. Jika Anda belajarnya sekali dalam seminggu, jangan harap bahasa itu memenuhi memori otak.

Variasikan proses dan materi belajar

Belajar dengan hanya mengandalkan buku akan membuat anda bosan dan tidak efektif. Maka anda perlu variasikan proses belajar Anda. Sebaiknya lakukan hal berbeda setiap hari agar membantu proses belajar empat bagian keterampilan berbahasa mendengarkan (listening) membaca (reading) berbicara (speaking) dan menulis (writing). Anda juga perlu memvariasikan materi belajar anda.  Pilih materi belajar yang sesuai dengan topik-topik yang anda minati. Ini akan membuat proses belajar anda menjadi lebih nikmat, menyenangkan, sehingga lebih efektif.

Gunakan berbagai media belajar

Belajar denga satu media tentu juga membosankan. Selain buku teks anda bisa belajar dengan banyak media seperti mengunjungi websites yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris gratis, ataupun berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan teman-teman atau native speakers (baik melalui surat, email, ataupun percakapan langsung). Anda bisa juga mencoba membaca koran, majalah, mendengarkan radio, lagu, ataupun menonton acara-acara dan film. Agar proses belajar bisa lebih menarik, pilihlah topik-topik yang sesuai dengan minat dan kebutuahan anda, ataupun yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang anda tekuni.

Cari patner belajar

Mengapa ini penting. Dengan mencari kawan belajar, maka suasana dan proses belajar akan terasa lebih menyenangkan dan memberi motivasi ganda. Hal yang paling gampang adalah anda ikut kurus bahasa Inggris. Di sana anda akan bertemu dengan orang lain yang punya motivasi sama untuk bisa belajar bahasa Inggris. Jika tidak anda bisa menyambangi teman sekelas atau kuliah untuk belajar bersama.

Membuang rasa malu dan speak up!

Merasa malu itulah kendala tersering yang dihinggapi pembelajar bahasa. Kesalahan pembelajar adalah malu berbuat salah. Untuk itu silahkan anda buka mulut! Belajar bahasa tidak seperti mempelajari sejarah. Anda baca di dalam hati dan anda bisa. Cobalah berbicara dalam bahasa Inggris dengan suara yang lantang. Awalnya mungkin akan terdengar aneh, tapi ini sangat efektif untuk proses belajar anda.

Selamat belajar bahasa Inggris. Semoga beberapa hal dan tips di atas bisa bermanfaat bagi anda yang ingin fasih dan mau belajar bahasa Inggris dengan efektif.

Baca juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: