//
you're reading...
Cluster Kesehatan (Health)

Hal Pemicu Kentut Berlebihan

6._kentut

Anda tahu sesuatu yang menyakitkan orang lain, tapi jika tidak dilepaskan malah bisa berujung menjadi penyakit. Jawabnya ya “kentut”. Secara medis kentut memang menyehatkan. Namun bisa menjadi menyebalkan sekali, jika kita mengalaminya amat berlebihan. Kentut sebenarnya disebabkan adanya udara yang terlalu banyak dalam perut. Sehingga tubuh mengeluarkannya melalui kentut.

Lantas apa yang membuat udara kerap bisa terperangkap di dalam perut? Simak berbagai aktivitas yang menyebabkannya seperti yang dilansir dari Daily Mail berikut ini.

Minum di sela-sela makan
Biasakan selesaikan makanan Anda sebelum meneguk air. Sebab minum air di sela-sela makan membuat Anda menelan udara sehingga memicu kentut. Selain itu hindari kebiasaan makan sambil berdiri, berjalan, dan menonton TV. Nikmati makanan Anda pelan-pelan untuk menghindari masuknya udara berlebihan ke dalam perut melalui mulut.

Olahraga berlebihan

Kegatan lain pemicu kentut adalah olahraga berlebihan dan memaksakan diri melakukan aktivitas fisik yang terlalu keras juga bisa membuat udara masuk ke perut dan menyebabkan kentut. Sebuah penelitian dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa sebanyak 71 persen pelari mengalami masalah pencernaan, seperti kembung dan sering kentut

Makanan berfruktosa
Jika anda mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat bentuk fruktosa paling susah dicerna dalam usus kecil sehingga makanan itu akhirnya masuk ke usus besar dan difermentasi oleh bakteri maka akan menghasilkan kentut. Beberapa makanan berfruktosa di antaranya adalah cherry, bawang bombai, kacang-kacangan, kubis, apel, jamur, dan jagung.

Produk susu
Produk susu mengandung laktosa, senyawa gula yang jika tidak dicerna dengan baik akan meluncur ke usus besar. Seperti fruktosa, laktosa difermentasi bakteri dan menyebabkan kentut. Beberapa produk susu adalah susu, yogurt, keju, dan tahu susu.

Jus jeruk
Memang buah jeruk bukan salah satu makanan yang mengandung fruktosa. Namun jika dijus, buah tersebut akan mengeluarkan fruktosa yang membuat seseorang sering kentut. Untuk apel, baik buah maupun jusnya sama-sama membuat kentut karena mengandung fruktosa.

Makanan sisa kemarin
Roti, kentang, dan pasta kedengarannya tidak berbahaya. Namun jika makanan tersebut sisa kemudian disimpan dalam lemari es dan dihangatkan lagi, perut akan susah mencernanya. Sehingga Anda bisa kembung dan terus-terusan kentut setelah memakannya.

Bir dan red wine
Bir bukan cuma mengandung gelembung, tetapi karena dibuat dengan ragi, ada ketidakseimbangan bakteri dalam perut yang memicu kentut. Demikian juga dengan red wine yang diolah dengan cara fermentasi yang dibantu oleh bakteri.

Permen karet
Permen karet yang bebas gula sering disebut sebagai penyebab kentut. Sebab ada pemanis buatan berupa xylitol dan menyebabkan orang menelan banyak udara saat memakannya.

Soda dingin
Minum soda memang mampu memicu kentut berlebihan. Namun efeknya lebih berbahaya jika dikonsumsi langsung setelah mengeluarkannya dari lemari es. Perbedaan suhu pada minuman dan tubuh manusia adalah yang menyebabkan kentut tersebut.

Obat batuk
Jika kita mengalami batuk dan mengonsumsi jenis obat, seperti sirop obat batuk, mengandung pemanis buatan sorbitol atau xylitol. Gula yang tak bisa diserap tubuh itu pun terdorong ke usus besar dan memicu pertumbuhan bakteri sehingga menyebabkan seseorang sering kentut.

Itulah berbagai penyebab kentut. Sebenarnya kentut itu menyehatkan, tetapi memang kentut sangat menyebalkan terutama jika dikeluarkan di tempat umum dan banyak orang. Secara medispun jika kita kerap kentut dan disertai dengan sakit punggung atau rasa lelah berlebihan, sebaiknya segera periksakan ke rumah sakit atau hubungi dokter.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: