//
you're reading...
Cluster Kesehatan (Health)

Beberapa Hal Untuk Mengatasi Kebotakan

headline

Rambut merupakan mahkota yang diberikan Tuhan. Meski ada beberapa pria suka memiliki kepala plotos, namun lebih banyak dari mereka lebih suka memiliki rambut yang sehat dan lebat. Bahkan tidak sedikit dari mereka merasa minder ketika mimiliki kepal botak. Sedangkan bagi kaum hawa rambut adalah segalanya karena ia merupakan mahkota paling berharga bagi kaum wanita. Cantik tidak lepas dari unsur estetika rambut yang mereka miliki.

Jika rambut mulai rontok maka jangan disepelekan karena bisa jadi kepala anda berujung kebotakan. Namun parahnya, sebagian besar kebotakan bersifat permanen sehingga sulit untuk tumbuh kembali. Obat-obatan dan dokter pun banyak yang tidak berhasil untuk menumbuhkan kembali rambut botak. Langkah terakhir tentu anda bisa cangkok rambut agar rambut bisa tumbuh kembali, seperti yang di lakukan pesepak bola Manchester United, Wayne Rooney. Transpalansi atau pencangkokan rambut mungkin bisa mengatasinya namun tentu akan merogok kocek yang tidak sedikit. Untuk itu lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut ada  beberapa tips tepat mencegah dan langkah untuk membantu mengurangi kerontokan rambut.

Menyempatkan Sarapan Bernutrisi
Banyak dari kita melupakan sarapan. Padahal sarapan penting bagi kesehatan tubuh termasuk rambut kita. Rambut terdiri dari keratin, yaitu zat yang memberinya kekuatan. Terlalu sedikit protein akan mempengaruhi tingkat keratin, sehingga menyebabkan rambut kehilangan tenaga dan berhenti tumbuh. “Sarapan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan protein dalam tubuh, dengan makanan seperti ikan, telur, ayam, daging merah,” kata Philip Kingsley, konsultan trichologist.

Banyak Makan Kacang-kacangan
Zat besi sangat diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Sebaliknya, kurangnya zat besi bisa menyebabkan rambut rontok. Jika tubuh tidak memiliki cukup zat besi, maka kadar feritin akan turun, yang merupakan molekul penyimpan zat besi dalam tubuh. Hal ini pada gilirannya akan mengganggu pertumbuhan rambut normal dan meningkatkan kerontokan rambut. Makan makanan kaya zat besi seperti kacang-kacangan, daging merah, sayuran hijau tua dan buah-buahan kering, ini akan membantu mengurangi rambut rontok berlebihan.

Rileks dan Kurangi Stress
Kaum adam memang unik karena jika kelebihan hormon seperti testosteron dan dihidrotestosteron (DHT) dapat memiliki efek buruk pada bagian-bagian tertentu dari folikel rambut. Hormon tersebut meresap ke batang rambut dan menyebabkan rambut menjadi lebih tipis. Setelah rambut menyusut, dengan diameter tertentu akan berhenti tumbuh sepenuhnya. Ketika pria sedang stres, tubuh akan memproduksi hormon lebih banyak dan cenderung membuat rambut rontok. Jadi cobalah untuk rileks.

Tidak Menyisir dengan Keras
Menyisir rambut dengan keras dapat menggaruk kulit kepala dan menarik rambut keluar dari akar serta merusak folikel rambut. Untuk itu sangat penting untuk merawat kulit kepala dengan lembut ketika keramas, dan jangan menarik-narik rambut Anda dengan sikat atau sisir.

Hindari Mewarnai Rambut
Anda hobi mewarnai rambut? Pewarna berisi bahan kimia para-phenylenediamine (PPD) dapat menyebabkan reaksi alergi parah dan dermatitis, yang dapat menyebabkan kerusakan pada folikel kulit kepala dan rambut. Namun banyak orang tidak menyadarinya, hanya karena unsur gaya dan estetika maka tidak jarang orang yang telah memiliki warna rambut indah natural mereka ganti dengan berbagai warna yang mereka suka dan tentu dengan proses pengecatan rambut.

Demikian beberapa hal yang ternyata efektif mencegah kerontokan rambut dan kebotakan. Untuk itu tidak ada salahnya menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas dalam aktivitas keseharian kita.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: