//
you're reading...
Cluster TI (Information Technology)

Sikilas Memahami Era Cloud di Dunia Maya

cloud_connect

Era Cloud di dunia maya kini kian populer. Mengapa demikian? Karena dengan aplikasi ini pengguna internet semakin dimudahkan dalam penggunaannya. Saat ini ada banyak produk cloud yang bertebaran di dunia maya yang membuatnya tak bisa di anggap main-main sebut saja google drive, sky drive, dropbox, indowebster, dan mediafire. Semua dari produk tersebut menawarkan berbagai fitur unggulannya mulai anda akan mendapatkan paket free yang terbatas hingga paket premium yang tentu berbayar dengan berbagai fasilitas kemudahan.

Sebenarnya apa itu cloud? Dalam terjemahan bahasa Inggris cloud dapat diartikan awan. Secara singkat bisa diartikan cloud adalah drive yang disedikan penyedia layanan cloud untuk menyimpan data-data anda di jagad maya. Jika anda ingin menggunakan fasilitas cloud saat ini, contohnya anda bisa menggunakan google drive dan dropbox untuk pengguna personal free. Di sini anda akan mendapatkan akses 5 GB free cloud. Cloud adalah media penyimpanan layaknya flasdisk 4GB, yang kalau anda beli di toko seharga 60 rb. Namun dalam cloud anda hanya akan memiliki akun disana. Menariknya, dengan menggunakan google drive dan dropbox anda tidak hanya mendapatkan akses 5GB free namun anda akan mendapatkan aplikasi yang dapat anda jalankan di PC maupun hanphone bersistim operasi.

Keuntungan paling menarik dari aplikasi ini ialah anda akan sangat terbantu ketika tidak online karena aplikasi akan secara otomatis melakukan pending ke cloud ketika tidak menemukan akses internet. Lantas ketika menemukan akses internet aplikasi akan melakukan sikronisasi sehingga file anda yang ada di foder PC pada aplikasi yang datanya tidak ada di cloud maka akan terupload sedangkan data yang ada di cloud yang databasenya tidak ada di folder akan terdownload. Bagaimana, sangat membantu bukan?

Namun problemnya adalah kesiapan jaringan di Indonesia, berbagai masalah muncul karena kondisi jaringan di negeri ini hanya nyaman di kota-kota besar yang aksesnya lebih baik. Nampaknya akses yang terbatas, masih mahalnya broadband dan kecepatan masih menjadi kendala serius menghambat perkembanyan pengguna cloud di negeri ini. Untuk itu tinggal di tunggu saja, nantinya aplikasi cloud pada waktunya akan bergulir karena fasilatas ini sangat memudahkan pekerjaan kita sehari-hari, khususnya bagi yang kerap bergelut dengan komputer dan internet. Dan saatnya nanti kita tidak lagi membawa-bawa hardisk eksternal, membawa laptop yang berat, dan flasdisk yang rentan dimasuki virus. Dengan cloud mengakses data dan internet mampu kita lakukan tanpa batas waktu dan tempat, meskipun jaringan sulit kita dapatkan.

Baca juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: