//
you're reading...
Cluster Pendidikan (Education)

Tips Tepat dalam Memilih Jurusan Kuliah

TreasureDream

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka dan siswa SMA/SMK sederajat sudah mulai bisa mendaftarkan. Yang perlu dicermati sekarang ini para pendaftar harus melek internet karena pendaftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diharuskan mengisikan data secara online. Namun hal penting lain yang sering tidak diperhatikan adalah pilihan jurusan kuliah.

Berikut beberapa tips untuk dipertimbangkan sebelum anda menentukan jurusan kuliah di PTN idaman.

Minat

Minat adalah sumber energi bagi seseorang sehingga kita selalu ingin bekerja sebaik mungkin dan belajar lebih banyak. Begitupun dalam mengambil jurusan perkuliahan  di PTN dengan minat maka kita akan lebih mudah menentukan pilihan jurusan dan menjalankan studi perkuliahan dengan baik dan hasil maksimal mungkin. Ingat, mahasiswa seringkali kesulitan belajar karena memilih jurusan yang tidak sesuai kemampuan dan minatnya.

Lihat daftar jurusan di tiap kampus

Ada baiknya anda mencari  informasi tentang  jurusan apa saja yang tersedia di tiap kampus peserta SNMPTN. Anda seyogyanya tidak hanya melihat jurusan yang sesuai dengan minat dan namun juga yang memiliki masa depan cemerlang. Jangan sampai anda sudah menghabiskan dana, waktu dan tenaga namun ilmu dari jurusan yang anda dapatkan selama ini ternyata nantinya sulit untuk mendapatkan pekerjaan, apalagi prospek karier cemerlang. Namun, jurusan yang diminati banyak orang dan memiliki prospek karier yang bagus memiliki persaingan yang lebih ketat. Untuk itu diperlukan persiapan matang untuk bersaing meraih kursi yang diinginkan.

Prospek karier non mainstream

Jika anda tak yakin dengan ketatnya jurusan favorit, coba anda gali informasi lebih pada jurusan spesifik yang mungkin terlihat tidak menarik, namun bisa jadi merupakan jurusan yang cocok buat anda dan memiliki prospek kariernya luas mengingat minimnya persaingan di bidang tersebut. Contohnya, jika anda suka gambar dan animasi anda bisa masuk ke fakultas seni rupa dan desain, jurusan animasi yang kini masih terbuka lebar peluang kerjanya seiring tumbuhnya pertelevisian di Indonesia. Tidak ada salahnya anda mencari tahu ke pengelola kampus, jurusan apa yang relatif baru menjadi unggulan mereka.

Biaya

Biaya merupakan elemen penting di jenjang pendidikan tinggi. Setiap kampus biasanya sudah menetapkan biaya kuliah untuk tiap jurusan. Namun, biaya tersebut masih merupakan kisaran pokok, masih ada lagi biaya praktikum dan kebutuhan kuliah lainnya. Perhitungkan biaya yang harus dikeluarkan dengan kemampuan finansial kita. Pertimbangan yang berkaitan dengan biaya adalah apakah kita harus pindah kota atau cukup kuliah di dalam kota. Pindah kota berarti kita harus mengalokasikan dana lebih seperti untuk sewa kamar kos dan biaya hidup sehari-hari. Namun, jika anda kuliah di daerah asal, pengeluaran bisa lebih ditekan, selain biaya kuliah anda hanya akan mengeluarkan biaya transportasi sehari-hari.

Konsultasi

Siswa SMA/SMK biasayang masih awam. Jika masih ragu dan bingung, ada baiknya anda meminta masukan pada orang yang tepat seperti orang tua, kakak maupun saudara  yang sudah lebih dulu kuliah, guru di sekolah, konsultan karier, alumni dari jurusan yang kita minati, atau datang langsung ke kampus terdekat. Naum tetap berbagai informasi ini hanya sebagai pertimbangan, jangan sampai mereka memaksa kita memilih jurusan tertentu yang tidak kita minati.

Jangan ikut-ikutan

Masa remaja adalah masa peer group dan meniru-niru yang lain. Jangan karena teman baik atau banyak teman anda memilih jurusan dan kampus tertentu, anda pun ikut-ikutan memilih jurusan tersebut. Padahal disisi lain tidak sesuai dengan minat dan bakat anda, maka akibatnya kuliah yang anda tempuh berantakan. Satu hal penting dalam memilih jurusan adalah memantapkan hati bahwa pilihan anda adalah yang terbaik dan sesuai proyeksi masa depan kita.

Selamat memilih jurusan yang tepat dan meraih masa depan cemerlang.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: