//
you're reading...
Cluster TI (Information Technology)

Tips Jitu Bagaimana Memilih Laptop Baru

ultabook1

Laptop atau sering disebut komputer jinjing kini bukanlah barang mewah lagi karena sudah jamak dimiliki banyak orang. Laptop berasal dari kata “Lap” yang berarti pangkuan dan “top” berbarti di atas, jadi laptop berarti komputer yang dapat dioperasikan di atas dipangkuan. Bagi anda yang belum memiliki laptop pasti akan sedikit bingung memilih laptop yang tepat karena banyaknya dan beragamnya produk di pasaran. Perlu diingat agar anda tidak salah membeli laptop, berikut ada beberapa tips bijak memilih laptop.

Cari Informasi dari Berbagai Sumber

Membeli laptop bagaimanapun akan menguras uang kita karena harganya tidaklah murah. Sebelum membeli komputer jinjing ini sebaiknya anda menggali informasi dari berbagai sumber seperti browsing di internet, surat kabar dan tabloid komputer, atau menanyakan kepada yang kompeten dan mengetahui seluk-beluk komputer. Kemudian anda rangkum informasi tersebut menjadi bahan pertimbangan dalam memilih laptop. Perlu diketahui, setiap pabrikan atau merk biasanya akan mengeluarkan beberapa produk berbeda berdasarkan spesifikasi dan segmen pasar yang dibidik. Ada laptop kelas low end, kelas menengah, dan high end. Tentu saja untuk laptop di kelas high end akan memiliki spek yang “premium” dan harganya pun “premium” pula.

Sesuaikan dengan Budget.

Berapa budget yang anda miliki, usahakan anda mendapatkan laptop yang terbaik di kisaran harga tersebut. Artinya, dalam membeli sebuah laptop anda harus menyesuaikan antara dana dan kebutuhan penggunaan laptop nantinya. Misalkan, jika anda membutuhkan laptop hanya sekedar untuk pekerjaan mengetik, mendengerkan musik dan browsing internet, maka tidak perlu anda menginvestasi  banyak uang untuk laptop spesifikasi premium. Berbeda jika anda membutuhkan laptop untuk memainkan game berat atau buat desain grafis, maka ana perlu membeli laptop dengan spesifikasi kelas menengah sampai tinggi agar tidak bermasalah dalam penggunaannya di kemudian hari.

Sebagai contoh apabila tujuan anda membeli laptop untuk memainkan game atau desain grafis maka pilihlah laptop dengan VGA dan memori, prosessor, HDD yang mumpuni. Usahakan minimal spesifikasi adalah RAM di atas 1 GB dan bertipe DDR3, VGA 512 MB atau spek di atasnya, prosesor dual core 3.0 GHZ, hdd minimal 500 GB. Intinya, semakin tinggi spek notebook yang anda pilih akan semakin nyaman dan cepat. Namun, jika anda memilih laptop untuk tujuan mobile (dibawa kemana-mana) maka anda perlu memilih yang berukuran mini misalnya 10 atau 12 inch, ringan, daya tahan baterai cukup lama, ketersediaan fitur konektifitas seperti wifi, bluetooth, network card, dll.

Cek Harga dan Spesifikasi

Sebelum anda pergi ke toko komputer sebaiknya anda cek spesifikasi dan harga laptop di toko komputer online. Apabila sudah menemukan laptop idaman anda perlu membaca -baca review baik di forum atau blog yang membahas mengenai kelebihan dan kelemahannya. Jadi, kita bisa mendapatkan pilihan laptop yang tepat sehingga tidak menyesal di kemudian hari.

Hunting di Berbagai Toko

Berbekal informasi baik spesifikasi yang dinginkan, merek dan tipe barulah anda dapat mantap melangkah ke toko laptop yang ada di kota anda. Cobalah anda hunting ke berbagai toko laptop dan membandingkan harganya. Kadang, toko tertentu ditunjuk sebagai pemegang merk laptop tertentu di toko tersebut tentu anda akan mendapatkan selisih harga lebih ekonomis daripada toko lain. Atau jika anda beruntung anda bisa mendapatkan harga promo disertai bonus tambahan aksesoris laptop. Perlu diingat, namun anda jangan terkecoh karena adanya bonus ini-itu, anda malah tegiur dengan merek tertentu yang ditawarkan penjual padahal tidak sesuai dengan laptop yang anda inginkan.

Cek Garansi dan Purna Jual

Coba anda cek garansi karena antar produsen laptop bisa saja memberikan masa garansi yang berbeda misalnya ada laptop tertentu memiliki garansi 2 tahun sedangkan merk yang lain satu tahun.  Hal lain adalah pertimbangkan layanan purna jualnya. Apakah gerai servicenya mudah dijangkau, termasuk apakah spare partnya mudah atau sulit didapat. Dan pertimbangkan pula mengenai harga jual kembalinya buat berjaga-jaga apabila di kemudian hari ingin membeli laptop dengan spek lebih tinggi. Usahakan jangan membelii laptop yang gerai servicenya sulit dijangkau atau spare partnya susah dicari.

Selamat mendapatkan laptop ideaman.

Baca juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: