//
you're reading...
Cluster Kesehatan (Health)

Tips Diet Mudah dan Efektif

joging2

Anda memiliki kelebihan berat badan atau mengalami sedikit obesitas? Diet adalah kuncinya. Sebenarnya anda tidak perlu ke dokter menghabiskan banyak biaya untuk program diet. Pola hidup sehari-hari yang sering baik berikut sebenarnya cukup efektif untuk menjaga tubuh dari bahaya kegemukan. Berikut beberapa kebiasaan pola hidup untuk program diet sehari-hari.

Kurangi Porsi Makan Anda

Tips pertama ini mungkin amat sulit untuk ditinggalkan karena kebiasaan makan dan ngemil kerap tidak bisa lepas dari keseharian kita. Mengurangi porsi makan sebenarnya terbukti sangat efektif menurunkan berat tubuh anda. Maka dari itu, anda harus buat komitmen dan bulatkan tekad untuk menyisihkan separuh porsi makan anda. Jika kesulitan, anda dapat menerapkan pola makanlah lebih sering dalam porsi kecil. Mengapa bisa demikian? Makan dengan porsi kecil dapat mencegah anda dari rasa lapar dan hasrat makan yang berlebihan. Cara lain adalah minum sebelum makan. Cara ini juga terbukti efektif mengurangi porsi makan. Dengan memperbanyak minum air putih dapat juga membantu tingkatkan metabolisme tubuh.

Perbanyak Buah dan Sayur

Bukan rahasia lagi, manfaat buah dan sayur untuk membantu penurunan berat badan. Jika tekad anda untuk tampil langsing dan ideal, salah satu cara yang yang dapat anda tempuh selin mengurangi porsi makan, anda dapat memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Gantilah cemilan anda dengan buah dan tubuh pun mendapatkan nutrisi sehat.

Kurangi Makan Nasi

Diet sehat akan mudah tercapai dengan mengganti asupan karbohidrat putih dengan karbohidrat kompleks. Penelitian menunjukan karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh dan kaya akan serat, sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Hal tersebut pun membuat tubuh menggunakan banyak energi untuk mencerna, sehingga kalori pun berkurang. Karbonhidrat kompleks bisa kita temukan pada nasi merah, kentang (rebus), kacang-kacangan dan roti gandum.

Hindari Minuman Bersoda dan Junk Food

Kini restaurant yang menyediakan minuman soda dan junk food menjamur di mana-mana. Soda memang menggoda untuk diminum karena rasanya yang nikmat segar. Sebisa mungkin hindarilah minuman bersoda, karena di dalam sebotol kecil minuman tersebut terdapat 250 kalori yang semuanya berasal dari gula. Begitupula junk food yang telah menjadi trend saat ini, penyajian yang cepat dan rasanya yang disukai banyak orang sering dijadikan sebagai alternatif pilihan. Namun makanan ini tidak baik untuk mereka yang ingin diet, pada makanan cepat saji sarat dan kalorinya kebanyakan berasal dari lemak.

Hindari Gorengan dan Utamakan Makanan Yang Direbus

Masyarakat kita memang sangat akrab dengan makanan yang digoreng. Padahal gorengan yang kerap anda konsumsi sangat berpotensi menyimpan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol dan menjadi suplayer lemak pada tubuh. Maka sebisa mungkin konsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, panggang, pepes, kukus atau sup.

Tingkatkan Porsi Olahraga

Jika sebelumnya anda telah memiliki jadwal olahraga rutin, maka saatnya untuk meningkatkan dan menambah porsi olahraga tersebut. Namun jika sebelumnya anda tidak memiliki jadwal rutin, maka segeralah mengatur jadwal olahraga anda. Jika tidak ada biaya untuk ke Gym, cobalah anda lakukan olehraga murah seperti jogging, berenang atau cycling. Cobalah karena olehraga tersebut tidak hanya efektif untuk menurunkan berat badan lebih cepat,  namun juga membuat badan anda terasa lebih bugar.

Demikian tips singkat diet, selamat menjalankan dan mencoba sebelum terlambat.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: