//
you're reading...
Cluster Pendidikan (Education)

Bagaimana Memilih dan Diterima Di Perguruan Tinggi Idaman

diploma-and-graduation-hat

Perguruan tinggi adalah gerbang menuju masa depan. Namun masih banyak para siswa yang masih awam akan pilihan perguraan tinggi yang ideal sesuai dengan minat dan masa depan. Sayangnya di sisi lain, tidak sedikit siswa- siswi yang masih belum tahu bagaimana yang seharsnya dilakukan ketika mendaftar masuk perguruan tinggi dan jurusan apa yang terbaik buat mereka. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips berkenaan dengan pemilihan perguruan tinggi dan jurusan pada SNMPTN baik SNMPTN undangan maupun SNMPTN tulis.

1.       Perhatikan Minat dan Cita-Cita

Jurusan yang kita pilih di perguruan tinggi adalah pintu gerbang masa depan dan nanti akan menentukan masa depan anda. Jika jurusan yang anda ambil sesuai dengan keinginan dan minat, tentu  anda akan merasa nyaman mempelajari bidang tersebut. Ingat belajar di perguruan tinggi perlu waktu yang tidak singkat, jika minat kita kurang maka akan berakhir berantakan sebelum anda selesai.

2.       Ketahuilah Standarisasi Perguruan Tinggi dan Jurusan yang Akan Dipilih

Lain ladang lain belalang. Setiap perguruan tinggi pasti memiliki standarsai tersendiri dalam perekrutan calon mahasiswanya sesuai kebijakan perguruan tinggi tersebut. Setiap Perguran Tinggi juga  sudah memiliki quota tersendiri dimana perlu diperhatikan bagi para calon pendaftar. Sebagai pelajar yang berminat masuk ke perguruan tinggi, sebaiknya kita mencari tahu bagaimanakan kriteria yang dianggap layak oleh perguruan tinggi agar pilihan kita bisa diterima di dalamnya. Jika kita mendaftar melalui SNMPTN undangan, standarisasi perguruan tinggi yang kita tuju bisa kita dapatkan dengan bertanya kepada kakak kelas yang suah diterima di perguruan tinggi tersebut. Jika kita mendaftar melalui SNMPTN tulis, standarisasi perguruan tinggi dapat kita lihat dari PIG (Pass in Grade) nya. Pass in Grade adalah presentase nilai minimum untuk diterima di suatu perguruan tinggu pada saat mengerjakan soal SNMPTN tulis. Dafar PIG sendiri sudah tersebar luas di internet. Jadi sering – seringlah mencari informasi tentang PIG ini. Ketahuilah juga jumlah peminat pada perguruan tinggi yang ada karena jelas semakin banyak jumlah peminat, semakin ketat pula persaingan dan semakin kecil peluang untuk diterima.

3.       Mengenali Kemampuan Diri

Perguruan tinggi di Indonesia tentu memiliki  kualitas dan mutu yang beragam. Namun banyak pelajar yang dalam memilih perguruan tinggi hanya meninjau sisi akreditasi perguruan tinggi dan tingkat faforitnya tanpa melihat  kemampuan dirinya sendiri. Perguruan tinggi yang berkualitas akan menyeleksi kemampuan akademis calon mahasiswanya. Jika anda tidak mengukur diri anda terhadap jurusan dan perguruan tinggi yang anda lamar maka bisa jadi ujungnya adalah kegagalan dalam penerimaannya.

4.       Cermati Stretegi Saat Mendaftar melalui SNMPTN

Agar berhasil dalam SNMPTN baik undangan maupun tulis, kita memerlukan sebuah strategi. Pada SNMPTN baik formasi undangan atau non undangan, disediakan bagi masing – masing pendaftar dua pilihan universitas dengan masing – masing tiga pilihan jurusan untuk setiap universitas. Pilihlah universitas dan jurusan terbaik yang sesuai dengan kemampuan kita sebagai pilihan pertama sedangkan untuk pilihan kedua, pilihlah universitas dan jurusan dengan standar dibawah pilihan pertama. Hal tersebut dikarenakan jika ternyata kemampuan kita tidak mencukupi untuk universitas pilihan pertama, ada kemungkinan kita diterima di universitas kedua karena standar universitas kedua yang kita pilih berada di bawah pilihan pertama.

5.       Ekonomi Keluarga Versus Beasiswa

Biaya adalah elemen penting dalam pendidikan. Kualitas perguruan tinggi yang ada pun turut diikuti dengan biaya yang tidak sedikit. Tidak jarang kasus drop out mahasiswa karena tidak mampu membayar uang kuliah karena faktor biaya. Ingat, biaya tidak hanya terpaku pada uang kuliah. Untuk siswa – siswi yang brencana melanjutkan sekolah di luar kota yang jauh dari keluarga juga harus memperhatikan biaya hidup di kota tujuannya baik biaya kost, makan, tranportasi, dan kebutuhan hidup lainnya. Namun perlu diingat, sekarang mahasiswa bisa mendapatkan banyak sekali program – program beasiswa yang disediakan baik dari pemerintah maupun non pemerintah. Syaratnya nilai akademis dan prestasi anda harus baik, karena menjadi syarat mutlak dalam meraih beasiswa.

Demikan beberapa hal yang bisa anda perhatikan dalam memilih dan diterima kesempatannya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi idama. Semoga bermanfaat.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: