//
you're reading...
Cluster Pendidikan (Education)

5 Tips Wawancara Sukses Menuju Pekerjaan

interview

Apa yang terlitas di benak anda jika mendengar kata wawancara kerja? Bagi para fresh graduate atau yang baru lulus perlu diketahui wawancara merupakan tahapan paling penting untuk mendapatkan pekerjaan. Bila Anda dapat membuat perekrut terpukau, kemungkinan besar posisi yang anda inginkan terbuka lebar. Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui satu kesalahan kecil saat wawancara juga bisa menghancurkan kesempatan mendapatkan pekerjaan. Untuk itu perlu adanya persiapan matang sebelum wawancara. Berikut ini beberapa strategi dalam mempersiapkan diri dalam wawancara pekerjaan

1. Cari Tahu Profil Perusahaan
Pertama yang perlu disiapkan adalah mencari segala informasi mengenai perusahaan tempat Anda melamar. Cari tahu seluk-beluk nya mulai dari sistem kerja hingga kelebihan perusahaan, baik melalui internet, teman, atau informasi lain. Tulis juga catatan tentang pandangan pribadi Anda mengenai perusahaan itu. Hal ini akan membuat Anda terlihat serius untuk masuk sebagai bagian dari perusahaan. Selain itu, Anda juga tak akan terlihat bingung saat diberi pertanyaan seputar perusahaan.

2. Pakai Busana Sesuai Budaya Kantor
Salah kostum dalam wawancara kerja bisa menjadi sesuatu yang fatal . Tidak ada salahnya Anda mengetahui busana apa yang biasanya dipakai oleh para karyawan di tempat Anda melamar, jangan takut untuk menelpon resepsionis calon kantor Anda tersebut. Di perusahaan bank, asuransi biasanya menuntut karyawannya berpenampilan rapi dengan blazer, kemeja dan celana bahan. Sementara di perusahaan kreatif seperti desain grafis, periklanan atau media bisa lebih fleksibel dalam berpakaian. Kuncinya tentu tetap memperhatikan pakaian yang anda kenakan. Soal pakaian kita tidak melarang orang menggunakan jeans dan sebagainya, yang penting rapi.
3. Deskripsikan Diri dengan Jujur
Alangkah baiknya ketika wawancara pelamar harus menceritakan diri sendiri apa adanya, tanpa dilebih-lebihkan atau dikurangi. Beritahukanlah sesuai dengan personality kamu. Interview adalah sesuatu hal yang kita lakukan untuk menentukan bahwa orang ini memang personalitynya sesuai dengan hasil test (tertulis, psikotest). Sehingga nanti kita bisa menempatkan dia untuk posisi yang tepat. Ingat, staf HRD sudah mewawancara ratusan bahkan puluhan ribu pelamar jadi mereka bisa tahu apakah yang Anda katakan benar atau tidak.

4. Spesifik dan Lugas
Menjawab pertanyaan menjadi penting dalam wawancara. Jawab setiap pertanyaan dengan jelas, spesifik dan lugas. Jika perlu gunakan waktu jeda setelah pertanyaan untuk berpikir atau sekadar menarik napas panjang agar lebih tenang. Dengarkan juga pertanyaan dengan baik, lalu fokus pada pertanyaan itu. Jangan beri jawaban yang terlalu melebar karena hanya akan membuat Anda terdengar bertele-tele dan membuat perekrut bosan. Berbincanglah secara profesional, namun jika ada kesempatan, Anda bisa menyampaikan ide-ide yang kiranya akan diberikan bila Anda diterima nanti. Jangan terlalu detail, secukupnya saja sehingga membuat pewawancara penasaran akan ide-ide Anda selanjutnya (jika diterima).

5. Selipkan Humor Cerdas
Tak ada salahnya menyelipkan sedikit humor pada jawaban Anda. Selain mencairkan ketegangan, humor yang cerdas juga akan membuat Anda terlihat sebagai orang yang ramah dan menyenangkan. Namun jangan sampai Anda berlebihan sehingga seperti badut yang tengah melucu.

Simak juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: