//
you're reading...
English : Sekitar Bedah Ujian Nasional

Prediksi Kisi-Kisi Soal SKL B. Inggris SMK Tahun 2012/2013

ujian_penyetaraan-ils

Untuk memahami prediksi soal-soal dalam ujian nasional sebenarnya tidak sulit. Anda harus membaca SKL ujian nasional, lalu mencari key words dan kompetensi yang akan diujikan dalam kolom indikators SKL. Berikut bisa anda baca prediksi kisi-kisi soal SKL B. Inggris SMK tahun 2012/2013.

NO.

STANDAR KOMPETENSI 

LULUSAN

INDIKATOR

1. Listening (Menyimak) Memahami dan merespon makna wacana tulis interpersonal dan transaksional, esei/monolog pendek dan teks fungsional pendek berkaiatan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian. Picture
Present Continuous Tense (indoor or outdoor) 1 (hal 4)
Giving Direction (Preposition of place) 2 (hal 4)
Describing people (physical appearience) or things. 3, 4 (hal 5)
Questions-Response
Giving suggestion and Opinion. 5 (hal 6 and 9)
Invitation and Offering. 6 (hal 21)
Giving Direction. 7 (hal 10)
Short Conversation
Talking about Daily activity ( Simple Present and Present Continuous) 8 (hal 12)
Reservation and Acknowledgement. 9 (hal 7)
Talking about Permission and Appointment. 10 (hal 24, 26)
Talking about Past Event / Opinion. 11 (hal 29 or 9)
Short Talk (Monolog)
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog  procedural text or describing process. 12, 13 (hal 42)
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat announcement or advertisement. 14, 15 (hal 39)
 
2. Reading (Membaca) Mengungkapkan dan merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana bentuk recount/news item/procedure secara akurat dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian Error Recognition
Degree of Comparison 16 (hal 31)
Describing Things / Place ( Wh question) 17 (hal 32)
Describing People (Physical Appereance : Profession) 18  (hal 5)
Conditional Sentence / Subjunctive / Preference 19 (hal 32)
Talking about Feeling (Like and dislike). 20      (hal 35) : Adjective ending with ing and ed.
Reading Comprehension
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari surat bisnis/memo/pesan. 21, 22, 23 (hal 37, 40) 
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari describing firm/company profile. 24, 25, 26 (hal 41)
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari teks recount tentang pengalaman kerja/kejadian yang dialami. 27, 28 (hal 47)
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari sebuah teks procedure tentang mengerjakan sesuatu seperti manual/resep/petunjuk/ advertisement. 29 30  (hal 42)
 
3. Writing (Menulis) Mengungkapkan dan merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana bentuk recount/news item/procedure secara akurat dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari, pekkerjaan dan keprofesian Incomplete Dialog
Talking about Possibility / Opinion 31 (hal11, 30)
Talking about  Offering / Command 32 (hal23 )
Talking about Request / Suggestion 33 (hal6)
Daily Activity / Gerund 34 (hal 33)
Talking about Choice / Reservation 35 (hal?)
Command / Request / Suggestion 36 (hal?)
Conditional Sentence / Past habit ( Used to + V1)  37 (hal? )
Talking about Plan/ Promise/ Question Tag  38 (hal?)
Talking about Past Event / Passive Voice 39 (hal 34?)
Tenses (Present Continuoues / Present Perfect) 40
Cloze Test
Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) teks rumpang Surat Bisnis (Surat Lamaran Kerja/Memo) 41, 42, 43 (hal 37, 46)
Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) teks rumpang Pengumuman / Pemberitahuan 44, 45, 46, 47 (hal 39)
Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) teks rumpang Iklan / Brochure 48, 49, 50 (hal 39) 

Silahkan anda pelajari dengan baik. Selamat Belajar.

Baca juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: