//
you're reading...
Cluster Fotografi (Photography)

Tips Memfoto Sunset

579859_2218815165609_1637906465_n

Memotret sunset merupakan salah satu ‘foto wajib’ yang harus dipelajari dan dilakukan oleh anda yang sedang serius mempelajari fotografi. Jika anda sudah dapat memotret suasana sunset dengan baik setidaknya ada kepuasan tersendiri sudah dapat melampaui ‘tahapan wajib’ dalam pelajaran fotografi dasar.

Silahkan mencoba tips berikut ini agar hasil foto sunset anda mudah-mudahan bisa lebih baik :

1 . Observasi.
Melakukan persiapan yang matang adalah hal yang memang harus dilakukan untuk mendapatkan foto sunset yang optimal. Tentukan lokasinya, pilih dari angle atau sudut mana anda akan memotret sesuai kondisi lokasi, jam berapa sunset akan terjadi di lokasi yang anda pilih sebab beda lokasi beda pula waktu sunsetnya. Minimal anda sudah mengalami satu sore di lokasi sebelum kembali keesokan harinya untuk memotret.

2 . Gunakan fokus manual.
Biasanya saya menggunakan ruang tajam yang seluas-luasnya atau fokus pada obyek yang paling jauh dari kamera agar cakupan fokusnya menyeluruh pada satu frame foto.

3 . Mengukur cahaya.
Arahkan titik fokus kamera anda dan ukur eksposur yang tepat ke tempat di sekitar matahari dan jangan langsung di mataharinya. Kunci dieksposur tersebut, atur komposisi, lalu jepret. Kalau menurut pengalaman saya mengukur langsung di matahari, eksposurnya saya buat under 1 sampai 2 stop.

4 . Gunakan tripod.
Kita tidak ingin hasil foto yang sudah kita persiapkan dengan matang jadi buram atau kabur hasilnya hanya karena kita malas membawa membawa tripod,bukan?

5 . Membuat siluet.
Jangan hanya terpaku pada pemandangan langit sunset saja, manfaatkan elemen-elemen yang ada di sekitar lokasi untuk membuat siluet, agar foto anda dapat lebih bercerita. Ranting kering dari sebuah pohon, perahu nelayan, monumen, orang-orang yang beraktifitas dan lain-lain.

6 . Gunakan lampu kilat.
Lampu kilat ini berguna jika kita ingin menerangi obyek yang kita foto sebagai foreground yang dilatari dengan langit senja, karena jika tidak begitu obyek foto kita akan menjadi siluet.

7 . Siapkan diri anda untuk hal terburuk.
Pernah ketika saya memotret pasangan prewedding di pulau Bidadari, sunset yang kita tunggu tidak muncul karena langit berawan. Padahal foto prewed dengan latar belakang langit sunset biasanya menjadi golden momen yang kerap dinantikan. Ada rasa kecewa, tapi mau gimana lagi tentunya kita tidak bisa mengubah kehendak alam.

Teorinya sudah dikemukakan, sekarang tinggal kita praktekkan.
Selamat memotret dan salam jepret!

Baca juga :

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: